Sedikitnya 16 Orang Meninggal Akibat Banjir Di Texas

JAKNEWS, Sedikitnya 16 orang di Texas, termasuk empat prajurit yang hilang ketika kendaraan mereka terbalik dalam banjir, telah meninggal akibat hujan lebat pekan lalu yang merendam ratusan rumah dan menyebabkan evakuasi lembaga pemasyarakatan, kata para pejabat Jumat.

Jasad lima prajurit lainnya ditemukan sehari sebelumnya. Dengan demikian jumlah korban meninggal jadi sembilan orang setelah kendaraan militer mereka terguling-guling di sebuah anak sungai yang meluap akibat banjir pada Kamis di pos angkatan darat Fort Hood di Texas tengah.

Tiga orang yang selamat diperbolehkan pulang setelah mendapat perawatan di sebuah rumah sakit terdekat pada Jumat, kata Mayor Jenderal John Uberti dalam jumpa pers.

“Tragedi ini menimpa Fort Hood dan dukungan dari pelosok negeri diapresiasi,” kata dia.

Kendaraan itu terbalik di sebuah perlintasan, dan para perwira militer tak mengatakan mengapa konvoi itu melakukan latihan dekat sebuah anak sungai yang terendam air. Pos AD tersebut yang mencakup sebuah kawasan sekitar 15 kali lebih besar daripada Manhattan menutup jalan-jalan yang dilanda banjir ketika kecelakaan terjadi.

Pihak militer berencana menyiarkan nama-nama yang meninggal dalam kecelakaan itu setelah memberitahu keluarga mereka, kata Uberti.

Satu lagi kematian mungkin terkait banjir di negara bagian itu, kata kepolisian San Antonio pada Jumat, setelah penemuan satu jasad seorang pria yang tersangkut jeruji besi di sebuah drainase.

Departemen Kehakiman Texas mulai mengevakuasi pada Jumat sekitar 1.700 nara pidana di Unit Ramsey di Rosharon, sekitar 50 km sebelah selatan Houston, akibat banjir di sepanjang Sungai Brazos.

Departemen itu mengevakuasi sekitar 2.600 napi dari dua fasilitas lainnya pekan ini akibat banjir di sungai yang sama. Banyak napi dikirim ke unit-unit lain dengan tempat tidur yang sudah tersedia, katanya.

Badan Cuaca Nasional telah menempatkan bagian-bagian besar dari Texas, Louisiana dan Mississippi dalam pengamatan mereka dari kemungkinan diterjang banjir bandang.

Bagian-bagian Texas mencatat hujan selama Mei, termasuk Brenham, sekitar 70 mil sebelah baratlaut Houston, yang menerima 29,49 inch, katanya.

Hujan lebat diramalkan melanda Houston dan bagian timur Texas selama akhir pekan, yang mungkin menimbulkan banjir lagi, tambahnya.

Gubernur Greg Abbott mengunjungi kawasan-kawasan yang terkana banjir di sebelah selatan Houston dan mengatakan ia telah memulai proses bantuan darurat. “Saya melihat sejumlah lingkungan yang berubah jadi pulau-pulau, sepenuhnya dikepung air,” kata dia kepada wartawan.

Lebih 160 penerbangan telah ditangguhkan di beberapa bandara di Dallas dan Houston sejak pukul 20 waktu setempat pada Jumat (pukul 8 WIB sabtu) akibat cuaca buruk, demikian pelacakan FlightAware.com.

loading...
Styaningrum
By Styaningrum June 4, 2016 19:33