85 Pasangan Dinikahkan Ulang  “Aisbat Nikah”

Jaknews, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Samsuri mengatakan pihaknya akan menikahkan ulang atau “aisbat nikah” terhadap 85 pasangan suami- istri di daerah itu pada 18 November mendatang.

“Pasangan suami istri yang akan kami nikahkan ulang tersebut adalah mereka yang selama ini sudah menikah dibawah tangan dan tidak terdaftar di buku nikah,” kata Samsuri di kendari, Sabtu.

Ia mengatakan, ke-85 pasangan suami istri itu berada di empat kecamatan yakni Kecamatan Puuwatu sebanyak 20 pasang, Kecamatran mandongaa sebanyak 34 pasangan.

“Kemudian di Kecamatan Kadia sebanyak 18 pasangan suami istri dan di Kecamaan Wuawua sebanyak 13 pasangan suami istri,” katanya.

Ia mengatakan, nikah ulang atau Isbat nikah tersebut merupakan kerja sama Pemerintah Kota Kendari, Pengadilan Agama Negeri Kendari dan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari.

“Nikah ulang ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah terhadap penertiban administrasi kependudukan masyarakat. Dasarnya adalah Undang-Undang Nomor 13 tahun 2013 tentang administrasi kependudukan,” ujarnya.

Ia mengatakan, surat pernikahan tersebut tentunya menjadi bukti otentik bagi pasangan suami istri.

“Biaya pernikahan seluruhnya ditanggung oleh pemerintah kota harapkan kedepannya agar masyarakat Kota Kendari dapat memahami arti penting administrasi kependudukan.

loading...
Styaningrum
By Styaningrum November 5, 2016 08:34