Objek Wisata Sejarah “Benteng Otanaha” Ramai Pengunjung

Jaknews, Objek wisata sejarah yang juga merupakan situs cagar budaya “Benteng Otanaha” di Kelurahan Dembe, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo ramai pengunjung saat akhir pekan, Minggu.

Pantauan ANTARA, pengunjung yang datang ke benteng Otanaha tidak hanya berasal dari Kota Gorontalo, namun dari daerah lain seperti Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara.

Fatma Ibrahim, petugas jaga di lokasi wisata tersebut mengaku pada akhir pekan seperti saat ini, jumlah pengunjung bisa mencapai 150 orang.

“Hari Sabtu dan Minggu selalu ramai dengan pengunjung domestik, sedangkan turis mancanegara juga datang berkunjung ke sini walaupun jumlahnya belum terlalu banyak,” kata Fatma.

Fatma menjelaskan, benteng yang dibangun oleh Portugis ketika zaman perang tersebut memiliki tiga benteng, yaitu Otanaha, Otahiya dan Ulupahu.

“Dengan jumlah anak tangga sebanyak 353, pengunjung dapat menikmati pemandangan Danau Limboto dari puncak benteng yang terletak di atas bukit,” jelasnya.

Sementara itu, Ronald, pengunjung asal Bolaang Mongondow mengakatan, kunjungan kali ini adalah kunjungan pertamanya ke Benteng Otanaha.

“Pemandangannya sungguh indah, dari ketinggian ini banyak tempat yang bisa kita lihat, saya datang bersama teman-teman untuk ke sini dan ternyata tidak mengecewakan,” kata Ronald.

Sementara itu, sejumlah rombongan anak sekolah dari Kabupaten Gorontalo Utara yang melakukan perjalanan wisata ke Benteng Otanaha mengatakan sangat antusias dengan kunjungan wisata ke tempat itu.

“Kami naik tangga hingga ke puncak bukit, walaupun cukup lelah, tapi sepadan dengan pemandangan yang kita dapatkan di sini,” ucap Risty, salah seorang anggota rombongan.

loading...
Styaningrum
By Styaningrum November 27, 2016 17:33