Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Bawang dan Cabai Di Kendari Mulai Naik

JAKNEWS, Harga bawang merah, bawang putih dan cabai di pasar induk dan eceran di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, naik menjelang perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Di pasar Mandonga dan Pasar Panjang Bonggoeya Kota Kendari, Senin, misalnya, harga bawang merah Rp50.000 per kilogram, atau naik sekitar Rp5.000 dari sebelumnya.

Harga bawang putih yang biasanya Rp40.000-Rp42.000 per kilogram kini menjadi Rp45.000pwer kilogram.

Cabai merah keriting dan cabai rawit juga cenderung naik meskipun relatif kecil.

Di Pasar Baruga Kota Kendari,, harga cabai merah Rp30.000 hingga Rp35.000 per kilogram atau mengalami kenaikan rata-rata Rp2.000 per kilogram yang sebelumnya Rp28.000 dan Rp33.500 per kilogram.

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Mandonga, Rati (35) mengungkapkan bahwa kenaikan harga bawang selama beberapa hari ini, karena distribusi pengiriman dari daerah produsen ke konsumen sedikit alami keterlambatan.

“Stok cabai, tidak lagi sepenuhnya bergantung dari luar daerah Sultra. Petani lokal dari Konawe Selatan, Kolaka Timur dan Konawe sudah banyak yang panen sehingga kami tidak mengalami kelangkaan lagi,” ujarnya.

Menurut dia, biasanya menjelang sepekan masuk Natal dan tahun baru, terjadi harga-harga kebutuhan pokok, karena konsumen banyak belanja.

Kadis Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Kendari, Syam Alam mengatakan, kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang hari raya merupakan hal biasa terjadi.

Namun demikian, kata dia, masyarakat tidak perlu khawatir karena hingga saat ini masih cukup tersedia di pasaran

loading...
Styaningrum
By Styaningrum December 5, 2016 15:58 Updated