Ekuador Tak Izinkan Seorang Pegiat Politik Venezuela Masuk Meski Pakai Visa Turis

JAKNEWS, Ekuador pada Rabu (15/3) tak mengizinkan seorang pegiat Venezuela yang mengaku ia bermaksud ikut dalam kampanye politik memasuki negeri itu, meskipun wanita pegiat tersebut telah mengajukan permohonan visa turis.

Lilian Tintori, istri dari pegiat sayap-kanan Venezuela yang dipenjarakan Leopoldo Lopez, tak diizinkan memasuki Ekuador setelah ia mendarat di bandar udara tak lama sebelum pukul 02.00 waktu setempat dengan naik pesawat dari Miami, Florida.

Tintori “didatangi oleh penyelia karena ada ketidak-selarasan antara visa turisnya dan kegiatan politik yang ia katakan telah ia rencanakan”, kata Wakil Menteri Keamanan Dalam Negeri Ekuador Diego Fuentes dalam satu taklimat.

“Nyonya Tintori tak bisa melaksanakan kegiatan politik dengan visa turis,” kata Fuentes, sebagaimana dikutip Xinhua. Ia menambahkan pemerintah berkoordinasi dengan American Airlines untuk mengatur kepulangan wanita pegiat tersebut naik pesawat berikut yang tersedia, yaitu pada pukul 06.45 waktu setempat.

Seperti kebanyakan negara lain, Ekuador melarang pelancong sementara yang menggunakan visa turis untuk ikut dalam kegiatan politik dalam negerinya.

loading...
Styaningrum
By Styaningrum March 16, 2017 14:46