Hebat! Pelajar 18 Tahun Ini Ciptakan Bra Untuk Deteksi Kanker Payudara Loh!

JAKNEWS, Seorang siswa berusia 18 tahun dari Meksiko telah merancang bra yang dapat membantu dalam deteksi dini kanker payudara, dan telah memenangkan hadiah utama di Global Student Entrepreneur Awards (GSEA).

Julian Rios Cantu mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh semangat ibunya dengan penyakit yang akhirnya menyebabkan kedua payudaranya diangkat.

Bra, atau dikenal sebagai EVA, dikembangkan dengan dibantu oleh 3 teman-temannya melalui perusahaannya Higia Technologies, dan diciptakan terutama untuk wanita dengan predisposisi genetik terhadap kanker.

Jadi bagaimana cara kerjanya?

Dilengkapi dengan sekitar 200 biosensor, bra memetakan permukaan payudara dan mampu memantau perubahan suhu, bentuk dan berat.

“Kenapa bra? Karena memungkinkan kita memiliki payudara di posisi yang sama dan tidak harus dipakai lebih dari satu jam seminggu,”
katanya dalam wawancara denganl El Universa.

Rios Cantu mengatakan bahwa biosensor mampu menentukan konduktivitas termal berdasarkan zona tertentu. Dalam beberapa kasus, panas dapat mengindikasikan lebih banyak aliran darah, yang oleh karena itu mengindikasikan bahwa pembuluh darah tersebut ‘memberi makan’ pada sesuatu, biasanya beberapa jenis kanker.

“EVA adalah jaringan biosensor yang menutupi payudara wanita, mengambil data suhu, menganalisisnya, dan mengirimkan informasinya ke aplikasi atau komputer manapun,” kata Rios Cantu, seperti dikutip dari Infobae.

“Begitu ada malformasi di payudara atau tumor, ada over-vaskularisasi. Jadi untuk lebih banyak aliran darah, semakin tinggi suhu,” tambahnya.

loading...
Styaningrum
By Styaningrum May 3, 2017 12:36