Benarkah Teknologi Dual Pixel Lebih Bagus dari iPhone 8?

JAKNEWS, Tak seperti banyak produsen ponsel lain yang menggunakan dua kamera belakang di ponsel buatannya, Google masih setia dengan sebuah kamera belakang di Pixel 2 dan 2 XL. Namun mereka menyematkan teknologi Dual Pixel di kamera tersebut.

Teknologi Dual Pixel ini membuat kamera Pixel 2 dan 2 XL bisa menghasilkan efek bokeh pada hasil fotonya. Teknologi ini benar-benar membelah setiap pixel yang ada di sensor kamera menjadi dua, meski dampaknya ukuran pixel menjadi lebih kecil, dari 1,55 mikron menjadi 1,4 mikron.

Namun ada keunggulan yang didapat dari Dual Pixel ini, antara lain autofokus yang lebih kencang dan bisa menghadirkan efek portrait mode seperti iPhone 7 dan 8 Plus tanpa perlu menggunakan kamera kedua.

Ini karena pixel yang dibelah itu berfungsi menjadi kamera kedua, sehingga kamera bisa merekam dua gambar sekaligus, di mana gambar kedua menggunakan titik fokus yang berbeda.

Dengan data ini, Google bisa menghasilkan ‘peta’ untuk mengenali objek dan latar foto. Dari situlah latar foto bisa dipisahkan dan di-blur. Dan efek bokeh ini tak cuma bisa dihasilkan dari kamera belakang, melainkan juga kamera depan.

Google pun menambahkan fitur semacam Live Photos milik iPhone, yang mereka beri nama Motion Photos. Cara kerjanya sangat persis, di mana Pixel akan merekam video tiga detik setiap pengguna memotret dan menggabungkan file foto dan video tersebut. Pengguna duo Pixel ini juga masih mendapatkan kuota Google Photos tak terbatas untuk foto tak terkompres, sama seperti Pixel generasi pertama.

“Pengguna Pixel rata-rata menyimpan foto dan video sebesar 23 GB setiap tahunnya, di sini pentingnya penyimpanan gratis. Jika menggunakan iCloud, maka dalam tiga bulan jatah penyimpanan gratisnya sudah habis,” ujar Mario Queiroz, VP product management Google saat peluncuran Pixel 2 dan 2 XL.

Baik Pixel 2 maupun 2 XL menggunakan kamera belakang 12,2 megapixel dengan lensa f/1,8 dan optical image stabilization. Dua poin tersebut sudah merupakan peningkatan dari pendahulunya, yaitu lensa f/2 dan electronic image stabilization pada Pixel.

Soal kualitas kamera, DxO memberi skor 98 untuk dua Pixel anyar ini, lebih tinggi dari pemegang skor tertinggi sebelumnya, yaitu iPhone 8 Plus yang skornya 94. Sekadar info, saat Pixel generasi pertama juga didaulat sebagai ponsel dengan kamera terbaik, dengan skor 89.

.
(detikcom)

loading...
Styaningrum
By Styaningrum October 5, 2017 13:50