Ratusan Personel Dikerahkan  Polres Cilacap Amankan Sedeka Laut

JAKNEWS, Kepolisian Resor Cilacap, Jawa Tengah, mengerahkan 300 personel untuk mengamankan prosesi sedekah laut, kata Kepala Polres Cilacap Ajun Komisaris Besar Polisi Djoko Julianto.

“Pengamanan tersebut dilakukan sejak kemarin (5/10) hingga hari ini,” katanya melalui Kepala Bagian Operasi Polres Cilacap Komisaris Polisi Faisal Perdana di Cilacap, Jumat.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya mengerahkan kapal patroli Satuan Polisi Perairan Polres Cilacap guna mengamankan jalannya ziarah di Karang Bandung, Pulau Nusakambangan, Cilacap, pada hari Kamis (5/10) yang dilanjutkan dengan pengamanan tirakatan di Pendapa Wijayakusuma Sakti, Kabupaten Cilacap, pada malam harinya.

Sementara saat prosesi sedekah laut berupa arak-arakan “jolen” (tempat sesaji, red.) pada hari Jumat (6/10), lanjut dia, pengamanan dilakukan sejak dari Pendapa Wijayakusuma Sakti dan sepanjang rute perjalanan menuju Pantai Teluk Penyu.

“Sejumlah anggota Satuan Lalu Lintas dan Satuan Sabhara, kami tempatkan di beberapa titik sepanjang rute yang dilalui arak-arakan,” katanya.

Menurut dia, pihaknya juga mengerahkan personel Pembinaan Masyarakat (Binmas) untuk memberikan imbauan kepada warga agar berhati-hati dan tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya aksi pencopetan termasuk mengawasi anak-anak mereka.

Selain anggota Polri yang berseragam, kata dia, anggota Satuan Reserse Kriminal dan Satuan Intelijen Polres Cilacap juga dikerahkan tanpa mengenakan pakaian seragam.

Ia mengatakan anggota Satreskrim dan Intel itu berbaur dengan masyarakat guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan.

“Kami juga menyiagakan kapal patroli dan personel Satpolair untuk melakukan pengawalan kapal nelayan pembawa ‘jolen’ yang akan dilarungkan di laut,” katanya.

Dari pantauan, anggota Polres Cilacap tampak berjaga di sejumlah lokasi sepanjang rute arak-arakan.

Selain itu, beberapa anggota Polres Cilacap yang mengawal arak-arakan, bertugas membuka jalan yang tersumbat oleh kerumunan warga.

Sementara di Pantai Teluk Penyu, salah seorang anggota Polres Cilacap terus mengingatkan pengunjung agar berhati-hati dalam menjaga barang bawaannya.

loading...
Styaningrum
By Styaningrum October 6, 2017 14:12