Sering Ngiler Saat Tidur? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

JAKNEWS, Sebagian orang akan menemukan bantal yang Ia gunakan saat tidur basah karena air liurnya sendiri. Hal ini tentu akan membuat bantal menjadi berbau tidak sedap. Sebenarnya, apa penyebab dari keluarnya air liur saat tidur ini?

Pakar kesehatan menyebut kebiasaan ngiler saat tidur sebagai sialorrhea atau produksi air liur yang berlebihan. Biasanya, kondisi ini terjadi pada bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi untuk pertama kali. Selain itu, anak-anak yang terkena masalah kesehatan seperti gangguan otot, gangguan perilaku, hingga masalah neurologis seperti cerebral palsy juga bisa mengalaminya.

Normalnya, jumlah air liur yang diproduksi saat tidur akan lebih sedikit jika dibandingkan dengan saat masih terjaga, tepatnya sekitar 0,3 hingga 1 ml/1,7 m2/ menit. Saat kita masih terjaga, jumlah produksi air liur akan lebih banyak, namun kita akan menelannya sehingga tidak akan membuat ngiler. Namun, saat tidur, berbagai otot, khususnya otot wajah akan berada dalam kondisi rileks sehingga membuat air liur ini bisa keluar dari mulut, apalagi jika mulut berada dalam kondisi terbuka dan kita tidur dengan posisi miring atau tengkurap.

Hanya saja, ada beberapa kondisi kesehatan yang ternyata juga bisa menyebabkan kebiasaan ngiler seperti sebagai berikut.

– Alergi

Jika kita mengalami alergi pada makanan tertentu atau alergi rhinitis, maka produksi air liur akan meningkat, bahkan saat kita tidur.

– GERD

Penyakit bernama gastroesophageal reflux disease ini membuat asam lambung naik hingga kerongkongan dan akhirnya memicu produksi air liur berlebihan.

– Infeksi sinus

Infeksi sinus bisa memicu gangguan pernafasan dan kesulitan menelan sehingga membuat kita cenderung bernafas dengan mulut saat tidur. Hal ini juga bisa memicu produksi air liur yang lebih banyak saat tidur.

– Tonsilitis

Penyakit ini terjadi karena kelenjar amandel di tenggorokan mengalami peradangan. Hal ini akan membuat amandel membengkak dan mengganggu laju air liur menuju kerongkongan dan akhirnya membuat air liur terakumulasi pada mulut yang bisa membuat kita ngiler saat tidur.

– Konsumsi obat-obatan tertentu

Beberapa jenis obat-obatan tertentu seperti obat anti depresan bisa membuat produksi air liur meningkat.

– Gangguan tidur

Beberapa jenis gangguan tidur seperti mengigau atau tidur berjalan kerap kali juga disertai dengan kebiasaan ngiler.

loading...
Styaningrum
By Styaningrum October 6, 2017 13:54