Wow… Diet Ternyata Bisa Perpanjang Umur Loh!

JAKNEWS, Menurunkan berat badan tak sekadar miliki tubuh langsing dan bugar. Anda juga akan mendapat manfaat yang lain dan membuat lebih sehat. Peneliti menyebutkan, pria dan wanita yang mau menurunkan berat badan dapat memperpanjang usia harapan hidupnya lebih lama di kemudian hari. Dengan diet seimbang, Anda akan jauh dari berbagai ancaman penyakit.

Biasanya orang yang tidak menjaga pola makannya bisa mendapat pengaruh negatif yang bakal dialami tubuhnya. Apalagi kalau Anda yang memiliki kebiasaan merokok, dampaknya tentu sangat merugikan.

Orang yang tidak menjaga berat badan sangat rentan mengalami diabetes, penyakit metabolik, jantung, dan jenis penyakit pembuluh darah lainnya. Karena itu, Anda sangat disarankan untuk menjalani diet.

“Studi kami memperkirakan efek kausal dari pilihan gaya hidup, yakni kebiasaan merokok dan tidak menjaga pola makannya, usia harapan hidup seseorang lebih pendek,” kata Peneliti di University of Edinburgh di Skotlandia Peter Joshi.

Tim mengambil data dari 25 studi populasi yang terpisah, serta menganalisis informasi genetik dari lebih dari 600.000 orang. Studi ini mengidentifikasi dua perbedaan DNA baru yang memengaruhi umur.

Pertama dalam gen yang memengaruhi kadar kolesterol darah dan mengurangi umur sekira 8 bulan. Kedua adalah gen yang terkait dengan sistem kekebalan tubuh, dengan tambah sekira setengah tahun untuk harapan hidup.

“Kekuatan data dan genetika yang besar memungkinkan kita membandingkan pengaruh berbagai perilaku dan penyakit yang dialami seseorang,” tambah Profesor Jim Wilson, dari kelompok studi yang sama.

Setiap orang sangat disarankan untuk menjalani pola diet seimbang agar memiliki berat badan ideal. Ada beberapa cara yang direkomendasikan berikut ini, dilansir Boldsky, Senin (16/10/2017).

– Hindari makanan olahan

Makanan olahan kaya akan kalori, lemak, gula tambahan dan rendah nutrisi. Makanan olahan sangat adiktif dan membuat orang menjadi bosan. Semua jenis makanan ini juga menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan. Jadi jika ingin menurunkan berat badan, hindari makanan olahan supaya tubuh tetal terjaga.

– Minum banyak air putih

Air adalah salah satu sumber alami terbaik yang membantu seseorang menurunkan berat badan. Minumlah banyak air putih untuk membantu mengeluarkan racun dan mengurangi asupan kalori seseorang. Dalam sehari, Anda disarankan untuk minum minimal 8 gelas sehari.

– Hindari sumber karbohidrat berlebihan

Sumber makanan karbohidrat dapat dengan mudah dicerna dan meningkatkan risiko makan berlebih. Contohnya nasi putih, tepung, roti tawar, kue kering dan permen merupakan makanan sumber tinggi karbohidrat. Hindari konsumsi makanan tersebut secara berlebihan, karena dapat menaikkan berat badan.

– Perbanyak asupan serat dan protein

Asupan serat dan protein yang cukup sangat dibutuhkan untuk tubuh kita. Anda yang mengonsumsi sumber makanan tersebut bisa kenyang tahan lama dan menghindari kenaikan berat badan. Dalam sehari, Anda harus mencukupi kebutuhannya, yang bisa didapatkan dari sayur, buah-buahan, ikan, daging, tahu, tempe dan sebagainya.

loading...
Styaningrum
By Styaningrum October 18, 2017 14:14