Akuisisi Saham Newmont, Kementrian ESDM Mulai Evaluasi

JAKNEWS, Kementerian ESDM mulai melakukan evaluasi terhadap akuisisi saham PT Newmont Nusa Tenggara atau PTNNT setelah perusahaan pemegang Kontrak Karya itu melaporkan perubahan komposisi pemegang sahamnya dengan resmi.

Kepala Biro Komunikasi Pelayanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementerian ESDM Sujatmiko mengatakan laporan tersebut telah disampaikan awal pekan ini. Isinya yaitu menyangkut proses akuisisi secara detail. Dari dokumen itu, Kementerian ESDM bakal melakukan evaluasi secara menyeluruh guna memutuskan apakah perubahan pemegang saham tersebut disetujui atau tidak. “Artinya nanti persetujuan pemerintah itu bersifat final dengan mempertimbangan seluruh konteks yang selama ini ada,” kata dia di gedung DPR RI, Rabu (20/7/2016).

Selain itu, pemerintah pun bakal mengevaluasi kewajiban divestasi saham PTNNT sebesar 7% yang masih berlaku saat akuisisi terjadi. Dengan kata lain, persetujuan akan diberikan usai status 7% saham tersebut jelas.

Saham tersebut sebelumnya sudah ditawarkan kepada pemerintah pusat. Pemerintah pusat pun telah menyatakan minatnya dan masih mengunci hak pembelian saham tersebut.

Styaningrum
By Styaningrum July 20, 2016 21:41