Dewan Kesenian Bangka Barat Gelar Melukis Massal

JAKNEWS, Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menggelar kegiatan melukis massal sebagai upaya menumbuhkan semangat berkesenian kepada generasi muda di daerah itu.

"Kegiatan ini kami harapkan mampu menggairahkan keinginan masyarakat untuk berkesenian, khususnya bidang seni rupa yang selama ini kondisinya cukup memprihatinkan," kata Wakil Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat, Joko HP di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan, keberadaan seni rupa, khususnya seni lukis, di daerah itu hingga saat ini belum terlihat pergerakannya, baik di tingkat sekolah maupun dalam aktivitas keseharian masyarakat setempat.

Hal ini cukup berbeda dibandingkan seni tari dan musik yang pertumbuhannya cukup menggembirakan, terbukti dengan semakin banyak jumlah sanggar tari dan musik hingga di tingkat desa.

"Kami melalui divisi seni rupa memiliki tanggung jawab untuk ikut berperan menumbuhkan dan menyemangati masyarakat untuk terus berkesenian," kata dia.

Salah satu bentuk keseriusan Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat dalam menumbuhkan semangat tersebut dikemas dalam bentuk kegiatan melukis massal yang rencananya akan digelar pada Agustus 2016.

Saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten setempat dan pihak perusahaan swasta untuk mendukung kegiatan tersebut.

"Pada kegiatan itu kami akan mengundang para pelajar dari seluruh sekolah, warga juga diizinkan ikut berpartisipasi," kata dia.

Ia mengatakan, lokasi melukis massal direncanakan akan digelar di lingkungan Museum Timah Indonesia Muntok dan Taman Lokomotif.

Selain berada di pusat kota, lokasi tersebut memiliki kekayaan objek yang bisa diabadikan dalam bentuk lukisan.

"Kami targetkan jumlah peserta mencapai lebih dari 100 orang," kata dia.

Styaningrum
By Styaningrum May 7, 2016 17:26