DKI Bekerjasama Dengan Universitas Tentang UNBK

JAKNEWS, Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan menjajaki kerja sama dengan sejumlah universitas terkait penerapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di ibukota pada 2017 mendatang.

“Untuk penerapan UNBK di semua sekolah di Jakarta, salah satu rencana yang akan kami lakukan adalah menjajaki kerja sama dengan beberapa universitas yang ada di Jakarta,” kata Kepala Dinas Pendidikan DKI Sopan Adrianto di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, saat ini ada cukup banyak universitas yang menawarkan kerja sama penyiapan sarana dan prasarana komputer untuk UNBK. Apabila kerja sama itu ditindaklanjuti, maka nantinya pelaksanaan UNBK akan dilakukan di universitas tersebut.

“Banyak universitas yang menawarkan penyiapan sarana dan prasarana berupa komputer untuk UNBK. Ini yang sedang kami jajaki. Kalau berlanjut, nanti ujian siswa akan dilaksanakan di universitas yang bersedia itu,” ujar Sopan.

Selain menjalin kerja sama dengan universitas, dia menuturkan pihaknya juga akan melakukan melakukan subsidi silang. Dengan begitu, pihaknya tidak harus menyediakan peralatan komputer di seluruh sekolah, karena komputer yang ada di SMA dapat digunakan untuk UN siswa SMP.

“Artinya, peralatan komputer yang sudah tersedia di SMA dapat dimanfaatkan untuk UN SMP, begitu juga sebaliknya. Jadi, komputernya tidak perlu dipindah-pindah. Cukup siswanya saja,” tutur Sopan.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan pihaknya juga berencana melakukan pengadaan komputer secara bertahap. Akan tetapi, rencana tersebut kemungkinan tidak akan mendapatkan persetujuan dari Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Karena dikhawatirkan dengan pengadaan komputer dengan jumlah banyak akan terjadi permainan proyek pengadaan komputer. Kami tidak ingin kejadian seperti itu. Makanya, kami coba dengan cara kerja sama dengan universitas dan subsidi silang itu saja,” ungkap Sopan.

Dinas Pendidikan DKI Jakarta menargetkan minimal 50 persen dan maksimal 100 persen sekolah-sekolah di Jakarta sudah dapat menerapkan UNBK pada 2017 mendatang.

Styaningrum
By Styaningrum May 10, 2016 18:16