Ferrari dan Williams Ubah Desain Sayap Depan

Williams Martini Racing, salah satu tim balap Formula 1, memperkenalkan desain sayap depan baru, Sabtu pekan lalu, di Austria. Begitu juga dengan kompetitornya, Scuderia Ferrari.

Laman resmi F1 menulis, sayap depan baru milik Williams memiliki endplate dalam yang bengkok (1). Sebelumnya bagian ini berbentuk vertikal dan lurus.

Terdapat pula sirip tambahan (2) untuk mengarahkan aliran udara ke luar sayap, serta adanya plat vertikal tengah (3) yang sebelumnya tak ada. Terakhir, ada sirip bengkok pada endplate (4). Sebelumnya bagian ini berbentuk lurus.

Sementara Ferrari mendesain ujung sayap depan sehingga tampak berbeda dari yang lama. Terdapat pula celah pada dasar endplate yang memungkinkan aliran udara keluar lebih cepat.

Rencananya, kedua tim ini akan menjajal sayap baru pada British Grand Prix, yang dihelat di sirkuit Silverstone, akhir pekan nanti.

Selain Ferrari dan Williams, tim lain juga kerap menguji coba sayap depan dan belakang baru demi mendapat hasil yang maksimal. Minggu lalu, misalnya, McLaren menguji sayap belakang baru. Sementara pada akhir Mei, Williams baru saja menjajal sayap belakang.

Sayap sendiri berguna untuk meningkatkan aerodinamis kendaraan. Dengan aerodinamis yang baik, maka kendaraan dapat melaju maksimal tanpa hambatan angin yang berarti. Sayap juga berguna untuk meningkatkan downforce dan mengurangi drag.

Styaningrum
By Styaningrum July 20, 2016 22:21