Indahnya Pulau Beting Aceh Buat Gubernur Riau Takjub

JAKNEWS, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman takjub akan keindahan Pulau Beting Aceh yang berada di Kecamatan Rupat Utara Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"Pulau ini saking indahnya seakan saya tidak mau pulang, jika tidak ada halangan insya Allah pada kegiatan MTQ berkunjung lagi ke sini" kata Arsyadjuliandi Rachman dalam Festival Pantai Rupat di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, Sabtu.

Andi Rachman, begitu sapaan akrab gubernur, memaparkan keindahan pulau yang identik dengan hamparan pasir putih dan lautnya yang biru. Ia beserta istri dan rombongan menyisiri pantai dari Pelabuhan Tanjung Medang menggunakan "speedboat" sekitar 15 menit perjalanan menuju pulau tersebut.

"Beting Aceh sangat cantik, sehingga betah berlama-lama di sini, tadi saja diingatkan protokoler ada agenda berikutnya, kalau tidak, mungkin saya lupa, " sebutnya.

pulau beting aceh

Pulau Beting Aceh Provinsi Riau

Menurut Andi Rachman, Pemerintah Provinsi Riau berkomitmen mendorong pariwisata di pulau terdepan Kabupaten Bengkalis ini dengan memasukkan dalam Kawasan Pariwisata Nasional.

"Kita dukung Kabupaten Bengkalis untuk terus berupaya mendorong pariwisata di Beting Aceh, termasuk dengan anggarannya," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah akan fokus untuk anggaran pembenahan infrastruktur, baik di pemerintah provinsi maupun pusat melalui kementerian pariwisata.

"Kita sampaikan ke pusat agar ikut membantu mempromosikan pariwisata di pulau ini, sedangkan pembangunan infrastruktur akan kita lakukan secara bertahap sejalan dengan promosi yang terus digencarkan, " ujarnya.

Dalam kunjungannya ke Rupat Utara tersebut Andi Rachman membawa badan/dinas terkait mulai dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau, Dinas Perhubungan Riau, Badan Penanaman dan Modal dan Promosi Daerah Riau dan para Satuan kerja agar dapat melakukan koordinasi langsung untuk pembenahan di sejumlah sektor.

"Sengaja kita turunkan dinas dan badan terkait agar dapat sama-sama fokus untuk kemajuan pariwisata, " ujarnya.

Upaya serius orang nomor satu di Riau untuk memajukan geliat pariwisata disebabkan karena dua sektor andalan Riau yakni perkebunan dan migas mengalami kemunduran. Melalui pembangunan di sektor pariwisata, Ia harapkan dapat berdampak langsung bagi perekonomian masyarakat sekitar.

Untuk diketahui, Riau sedang gencarnya memoromosikan Pariwisata berbasis budaya dengan slogan The Homeland Of Melayu, sejumlah upaya promosi pariwisata tengah dilakukan dengan mengekspos sejumlah potensi alam di wilayah setempat.

Saat kunjungannya ke Kecamatan Rupat Utara, Ia juga mengapresiasi Festival Pantai Rupat 2016 yang ditaja oleh Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bengkalis, sejumlah kegiatan yang diadakan dinilainya sarat akan pariwisata berbasis budaya.

Festival Pantai Rupat yang merupakan kegiatan tahunan ini, dihelat dengan serangkaian acara mulai dari Zapin Api, lomba mencari kerang kepah, lomba boat pancung, lomba perahu hias dan serangkaian pergelaran seni lainnya.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyebutkan sektor pariwisata di Kabupaten Bengkalis sangat potensial namun harus mendapat dorongan dan kerja sama dari para pemangku kepentingan.

"Pemkab Bengkalis melalui festival Pantai Rupat, merupakan salah satu komitmen kami untuk memajukan dunia pariwisata dengan promosi yang gencar dilakukan," tuturnya.

Styaningrum
By Styaningrum July 17, 2016 15:14