Ini Beberapa Lemak Yang dapat Membuat Kamu Hidup Lebih Lama

JAKNEWS, Jika Anda memiliki fobia terhadap lemak, sudah saatnya berpikir ulang. Makan dengan pola diet yang mencakup lemak sehat dapat meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama, demikian hasil penelitian terbaru menunjukkan.

Penelitian selama 30 tahun di Harvard University menunjukkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi lemak tak jenuh memiliki risiko kematian dini jauh lebih rendah. Dari berbagai makanan, Polyunsaturated dan lemak tak jenuh tunggal yang ditemukan pada ikan dan minyak nabati termasuk yang paling baik untuk menunjang kesehatan.

Mengganti lemak jenuh yang ditemukan dalam mentega dan daging merah dengan yang tidak jenuh seperti ikan dan minyak nabati memungkinkan orang hidup lebih lama.

Seperti dilansir Daily Mail, terdapat sejumlah lemak sehat yang dapat Anda nikmati tanpa mesti merasa bersalah. Berikut di antaranya:

  • Cokelat hitam

dark chocolate

Cokelat? Sehat? Siapa yang menyangka. Tapi selama itu dimakan secara teratur, cokelat benar-benar dapat bermanfaat. Cokelat hitam mengandung 11 persen serat dan zat besi, magnesium, tembaga serta mangan. Juga dilengkapi dengan antidioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi Anda dari kolesterol berbahaya.

Studi juga menunjukkan bahwa orang yang makan cokelat hitam lima kali atau lebih seminggu, lebih terlindungi dari penyakit jantung. Ada juga beberapa studi yang menunjukkan bahwa hal itu dapat meningkatkan fungsi otak dan melindungi kulit Anda dari kerusakan saat terkena sinar matahari.

Hanya, pastikan untuk memilih cokelat hitam yang berkualitas, dengan setidaknya 70 persen kakao.

  • Minyak kedelai

kedelai

Minyak yang diekstrak dari biji kedelai dikenal dengan rasa netral dan asam lemak yang seimbang. Termasuk dari beberapa minyak non-ikan yang memasok sumber omega-3. Ia juga menawarkan banyak vitamin E, mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan jantung.

Secara keseluruhan, minyak kedelai dapat meningkatkan kesehatan jantung, tekanan darah, penyakit jantung dan kadar kolesterol, penelitian telah menunjukkan.

  • Kacang mentah

kacang almond

Almond, walnut, kacang macadamia, atau apa pun namanya, mengandung lemak sehat berkadar tinggi dan serat yang merupakan sumber nabati besar protein. Mereka juga tinggi vitamin E dan magnesium – mineral yang tidak didapatkan kebanyakan orang. Kacang menurunkan risiko berbagai penyakit seperti obesitas, penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

  • Alpukat

buah-alpukat-segar

Buah ini juga digolongkan sebagai lemak sehat. Tidak seperti banyak buah-buahan lainnya, alpukat mengandung lebih banyak lemak sehat dibandingkan karbohidrat. “Alpukat adalah salah satu makanan yang paling bergizi Anda dapat makan, ” kata Heather Thomas dalam buku barunya, The Alpukat Cookbook.

Bukan saja karena kaya protein dan serat tetapi alpukat juga merupakan sumber yang baik dari potassium, magnesium, zat besi, zinc, asam dan vitamin folat A, B3, B5, B6, B12, C, E dan K. “Karena mereka relatif tinggi lemak, orang menghindari mereka,. Tapi sebenarnya mereka mengandung lemak nabati tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sehat,” Heather mengatakan.

Asam lemak utama yang ditemukan dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang juga asam lemak yang dominan ditemukan pada minyak zaitun. Sangat baik untuk kesehatan kulit, pencernaan dan mencegah anemia.

“Memang, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makan alpukat secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol berbahaya dan mengurangi risiko penyakit jantung.”

  • Minyak zaitun

minyak zaitun

Minyak zaitun adalah ratu dari lemak sehat dan merupakan komponen penting dari diet Mediterania. Terbukti memiliki banyak manfaat sehat, minyak zaitun adalah sesuatu yang harus Anda masukkan dalam diet.

Minyak zaitun mengandung vitamin E dan K dan dikemas dengan antioksidan kuat yang dapat melawan peradangan. Ini juga cocok untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Anda dapat menukar mentega Anda dengan minyak zaitun dan menggunakannya untuk menggoreng, saus untuk roti. Minyak zaitun telah terbukti menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol dan mengurangi risiko penyakit jantung.

  • Lemak ikan

lemak ikan

Samon merupakan jenis ikan yang sarat dengan asam jantung sehat omega-3, asam lemak, protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting. Studi menunjukkan orang yang makan ikan cenderung lebih sehat, dengan rendahnya risiko penyakit jantung, depresi, demensia dan penyakit umum lainnya.

Styaningrum
By Styaningrum July 20, 2016 21:54 Updated