Ngabuburit Bareng Komunitas Mobil Citroen 602 CC di Ancol

JAKNEWS, Anda salah satu penggemar mobil Citroen? di Indonesia saat ini ternyata masih banyak penggemar mobil yang mengusung mesin 602 cc ini. Citroen merupakan salah satu mobil legendaris asal prancis yang menghadirkan sisi eksotis tersendiri. Produk otomotif hasil karya Andre Citroen yang dimulai lebih setengah abad yang lalu ini, ternyata masih terjaga polulasinya di tangan-tangan penggemar setianya.

Para anggota Komunitas pecinta Citroen ini telah menyebar di seluruh tempat termasuk Indonesia terutama Jakarta dan sekitarnya. Mereka sering membina silaturahmi dan bertukar informasi antar pengguna Citroen.

Mobil lawas ini juga memiliki berbagai tipe dan model. Mulai dari Citroen 2AK keluaran tahun 1972, Citroen Mehari tahun 1984 hingga Citroen AMI 6 Berliene 1966 602CC yang sangat dikenal bahkan tergolong sebagai salah satu mobil klasik Eropa yang sangat langka di Tanah Air, dan banyak lagi.

Untuk mempererat tali silaturahmi sesama pengguna Citroen, pada Sabtu, (18/06), komunitas Mobil Citroen 602 CC mengadakan “ngabuburit” bersama di Ancol Jakarta Utara. Acara ini dimulai sore hari dengan ber-konvoi keliling Ancol dan buka puasa bersama. Selain itu mereka juga melakukan shalat tawarih bersama bahkan sahur bersama.

“Belasan mobil citroen hadir di sini dari berbagai latar belakang berbeda dan berkumpul jadi satu disini.” Ujar Angky, salah satu pecinta mobil Citroen yang turut andil dalam acara ini.

Menurutnya acara semacam kopdar seperti ini sebenarnya sering dilakukan di berbagai lokasi agar selalu ada suasana berbeda di setiap acara kumpul - kumpul. Terlebih lagi, Komunitas yang kebanyakan anggotanya sudah menjadi orang tua ini kerap melibatkan keluarga.

”Jadi tak hanya member saja yang akrab, kedekatan antarkeluarga juga terjalin. Karena, dalam acara Kopdar ini biasanya para citroners juga mengajak keluarga. Sehingga banyak anak - anak yang sudah mulai tertular dengan hobi bapaknya.” Tambah Angky.

Salah satu generasi muda yang sudah mulai tertular adalah Marius Floyd Pratikjno yang lebih akrab disapa Floyd. Anak berusia 13 tahun yang begitu mencintai mobil yang berasal dari negara Prancis ini, hingga ia telah mengoleksi 7 (tujuh) Citroen berbagai tipe. Beruntung Floyd memiliki orang tua yang sangat mendukung hobinya ini, “Ayah saya juga sangat senang mobil klasik Eropa, “ujarnya.

Diantara koleksinya, Floyd memiliki Citroen 2AK jebolan tahun 1972, Citroen Mehari berkelir jingga lansiran 1984 hingga mobil Citroen AMI 6 Berliene kelahiran tahun 1966 dengan warna biru telur asin yang sudah sangat dikenal dan bahkan tergolong sebagai salah satu mobil klasik Eropa yang sangat langka di Tanah Air.

Secara spesifikasi, Floyd mengatakan bahwa dirinya menyukai suspensi hidrolik dari mobil-mobil Citroen. Sistem ini yang memungkinkan mobil-mobil Citroen tetap terasa sangat nyaman saat dikendarai. Terlebih lagi untuk mobil-mobil citroen tertentu, setiap roda bergerak secara independen, dihubungkan ke body dengan menggunakan sistem McPerson dan swing arm. Tidak ada per atau pegas satu pun untuk membantu suspensi. Oleh karena menggunakan sistem hidrolik yang khusus ini, ketinggian mobil Citroen pun bisa diatur dengan menggeser tuas di dekat handle rem tangan di samping pengemudi.

Disinggung mengenai perawatan, menurutnya mobil antik citroen dengan umur mencapai 20 tahun tentu sparepart-nya pun susah, tapi Ini adalah momok dari setiap pengguna mobil tua eropa karena itu harus ada extra perawatan. “Tapi jangan khawatir, selama perawatan rutin, oli dan cek tentakelnya rutin tanpa bocor mobil ini akan aman-aman saja.” Tandas Floyd.

Styaningrum
By Styaningrum June 23, 2016 19:43