PM Selandia Baru Tiba Di Istana Disambut Ratusan Siswa

JAKNEWS, Ratusan siswa dari SMAN 93 dan SMPN 173 Jakarta ikut menyambut kedatangan Perdana Menteri Selandia Baru John Key di Istana Merdeka Jakarta, Senin.

Ratusan siswa dengan membawa Bendera Merah Putih dan Bendera Kebangsaan Selandia Baru berbaris rapi di depan Istana Merdeka sebelah Barat.

Perdana Menteri Selandia Baru John Key bersama istrinya Bronagh Key yang datang pukul 15.30 WIB langsung disambut kibaran bendera dan ditunggu Presiden Joko Widodo serta Ibu Iriana Jokowi di tangga Istana Merdeka.

Sebelum memasuki Istana Merdeka, PM John Key juga diiringi kirab empat pasukan berkuda dan Paspampres berbaju prajurit keraton dengan membawa 34 bendera provinsi.

Kirab pasukan berkuda dan pembawa bendera ini berangkat dari area Monas diiringi Drum Band prajurit Kodam Jaya.

Usai acara kirab, PM John Key bersama Presiden Jokowi menuju halaman Istana Merdeka mengikuti upacara penyambutan.

Setelah melakukan pemeriksaan pasukan, kedua pimpinan pemerintahan kedua negara ini dan rombongan masuk ke dalam Istana Negara.

Kedua kepala pemerintahan ini akan melakukan pertemuan bilateral, penandatanganan nota kesepamahan (MoU) dan dilanjutkan dengan pernyataan pers bersama.

Direktur Asia Timur Pasifik Kementerian Luar Negeri RI Edi Yusup mengatakan, dalam kunjungan PM John Key ke Indonesia akan ada tiga nota kesepahaman yang ditandatangani, yaitu Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama di bidang energi terbarukan, pariwisata, dan penanganan penangkapan ikan secara ilegal (IUU Fishing).

PM Selandia Baru juga akan mengikuti serangkaian kegiatan, antara lain, menghadiri Forum Bisnis ASEAN-Selandia Baru, mengunjungi salah satu perusahaan di Cikarang, serta mengunjungi Surabaya untuk bertemu dengan Gubernur Jawa Timur.

Edi menjelaskan, kunjungan PM John Key ke Indonesia itu juga bertujuan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, terutama di bidang perdagangan.

Nilai perdagangan bilateral Indonesia-Selandia Baru ditargetkan mencapai empat miliar dolar AS.

Styaningrum
By Styaningrum July 18, 2016 18:19