Sudah Empat Pekan Harga Bawang Di Manado Mahal

JAKNEWS, Harga komoditas bawang di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga pekan keempat April 2016 masih mahal.

“Sudah beberapa pekan terakhir ini, harga bawang merah muupun daun bawang di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya cukup tinggi,” kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin di Manado, Rabu.

Darwin mengatakan selain itu bawang putih juga masih sangat mahal di Manado.

Harga bawang merah di Kota Manado saat ini sebesar Rp47.950 per kilogram, harga bawang putih Rp41.300 per kg dan daun bawang Rp10 ribu per ikat yang biasanya hanya Rp3ribu per ikat.

Dia menjelaskan harga bawang yang tinggi ini, dikarenakan stok di tangan pedagang sedikit.

“Memang hukum pasar berlaku jika stok sedikit berarti harga akan meningkat, namun sebaliknya jika harga murah artinya stok melimpah,” jelasnya.

Dan juga, katanya, ptoduksi bawang di Sulut masih sangat kecil dan belum mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Pedagang Sulut harus membeli bawang merah dari luar seperti dari Jawa sehingga harga pasti lebih tinggi, begitu pula dengan bawang putih.

Untuk daun bawang paling banyak diproduksi oleh petani lokal baik di Kota Tomohon maupun Kabupaten Minahasa Selatan, namunbelum bisa memenuhi kebutuhan yang tetap tinggi.

Apalagi, katanya, masih terkena dampak kemarat panjang di akhir tahun 2015, sehingga struktur tanah mengalami perubahan dan harus membutuhkan waktu panjang dalam memperbaikinya.

Styaningrum
By Styaningrum April 27, 2016 17:47