Trik Ubah Hobi Jadi Bisnis Komersial

JAKNEWS, di Zaman sekarang ini Memilih pekerjaan yang Anda sukai tentu bukan perkara mudah. Pasalnya, persaingan di pasar tenaga kerja semakin ketat dan lowongan pekerjaan yang tersedia juga cukup terbatas.

tak banyak orang memilih pekerjaan berdasarkan ketertarikan dan kesenangan pribadinya. Seringkali, Anda juga meragukan kemampuan diri sendiri untuk menghasilkan uang dari kegiatan yang disenangi seperti hobi pribadi.

Tapi tenang saja, menekuni hobi pribadi dan mempelajarinya lebih dalam ternyata dapat mendatangkan keuntungan bagi Anda. Di kutip dari laman Lifehack.org,yang di tulis Rabu 18 Mei 2016, Berikut lima trik mengubah hobi Anda menjadi bisnis komersial:

Tekuni hobi Anda
Ini merupakan langkah paling mundah guna menghasilkan uang dari hobi Anda. Bagi Anda yang senang melukis misalnya, Anda dapat membuka kelas seni lukis bagi anak-anak di rumah.

Pada saat bersamaan, Anda juga dapat melatih keahlian tersebut dan mengembangkannya menjadi peluang emas untuk berbisnis.

Menjual hasil karya pribadi
Langkah yang satu ini sangat bergantung pada produk yang dihasilkan. Bagi Anda yang pandai merajut, hasil kerajinan tangan tersebut bisa dijual agar Anda dapat memperoleh tambahan penghasilan.

Tak hanya itu, Anda juga dapat menjual produk tersebut secara langsung maupun online. Tak perlu pengalaman bisnis yang besar, yang paling penting Anda dapat menentukan harga, proses pemasaran, dan menentukan target pasar yang tepat. Jika perlu, Anda juga bisa meminta bantuan pada teman maupun kerabat.

Memperluas wawasan
Kombinasikan kemampuan dan pengetahuan Anda. Dengan kata lain, gunakan pengetahuan apapun yang dimiliki untuk mengasah dan memanfaatkan hobi tersebut sebagai bisnis.

Jika Anda menyukai fotografi, jangan hanya sebatas menjual hasil jepretan pribadi. Tapi Anda dapat memperluasnya dengan menjual t-shirt dari hasil foto tersebut. Pikirkan segala hal yang dapat diakukan, dan kombinasikam dengan hobi Anda guna meningkatkan skala usaha dan potensi penghasilan pribadi.

Tambah jaringan bisnis
Berbisnis tanpa jaringan jelas akan sangat sulit. Mulai manfaatkan Facebook sebagai salah satu media Anda untuk berbisnis.
Jadilah pengguna aktif di blog atau media sosial lain guna membuat semakin banyak orang mengenal produk Anda.

Fokus
Dalam berbisnis, Anda harus mencurahkan lebih banyak waktu menekuni hobi pribadi. Jalani kegiatan tersebut sebagai bisnis dan bukan menjadi hobi semata.
Semakin profesional, Anda akan menganggapnya sebagai bisnis dan mencintai usaha tersebut

Styaningrum
By Styaningrum May 19, 2016 11:10 Updated