Wow Ikan Teri, Selar, dan Kembung Ternyata Kaya Nutrisi

JAKNEWS, Ikan teri, selar, dan kembung, ternyata baik untuk dikonsumsi oleh kita. Harganya yang tentu lebih terjangkau dan jumlahnya juga lebih banyak di perairan Indonesia. Cemaran merkurinya juga lebih rendah. Bagaimana nutrisinya?

Jangan khawatir, sebab nutrisi ikan-ikan ini juga tidak kalah bersinar ketimbang ikan-ikan lainnya, bahkan dibandingkan dengan ikan-ikan impor, seperti salmon yang harganya cukup mahal di kantong.

Ikan Teri

Ikan ini kaya vitamin B, khususnya B3 (Niacin). Niacin bisa meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam darah, hingga mencegah penyakit kardiovaskular dan serangan jantung. Teri pun kaya kalsium, zat besi dan fosfor. Mineral-mineral ini juga membantu Anda mencegah osteoporosis, anemia, dan nyeri pada otot.

Ikan Selar

Ikan selar juga kaya akan Niacin dan Vitamin B12, yang bisa meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, meningkatkan mood, energi, dan sistem imun, serta dapat memperlambat efek-efek penuaan. Selar pun kaya akan selenium, yang dikenal tinggi antioksidan guna melindungi sel-sel dari kerusakan.

Ikan Kembung

Ikan kembung memiliki kandungan asam lemak Omega-3 dan 6, yang malahan lebih tinggi dari daging ikan salmon pink. Sebagai perbandingan, 100 g ikan kembung mengandung 1614 mg Omega-3 dan 116 mg Omega-6, sementara salmon pink dengan berat yang sama mengandung 1135 mg Omega-3 dan 50 mg Omega-6. Kandungan vitamin B dalam ikan kembung pun jauh melampaui ikan salmon pink.

Styaningrum
By Styaningrum April 1, 2016 21:06